Ponyser – AVR Serial Programmer Yang Murah Tapi Handal

Ponyser adalah salah satu varian serial programmer AVR yang terkenal dan tercatat dalam daftar programmer yang didukung oleh program AVRDUDE. Ponyser dirancang oleh Claudio Lanconelli (www.lancos.com/prog.html) yang merupakan aksesoris dari paket program PonyProg.
PonyProg adalah salah satu tools pemrograman chip serial yang sangat terkenal. Selain gratis, software ini dapat memprogram chip serial dengan koneksi I²C Bus, Microwire, dan SPI eeprom, serta dapat memprogram mikrokontroler Atmel AVR dan sebagian tipe AT89S, dan juga mikrokontroler buatan Microchip.
Rangkaian interface untuk pemrograman mikrokontroler Atmel AVR melalui port serial cukup sederhana dan banyak variasi rangkaian yang telah dibuat oleh pengguna mikrokontroler AVR. Berikut adalah salah satu variasi yang saya temukan di internet dan saya gambar ulang dengan sedikit saja perubahan.
Dengan menggunakan rangkaian Ponyser di atas dan program PonyProg, kita dapat memprogram mikrokontroler AVR dengan lancar. Untuk konfigurasi interface, maka lakukan pengesetan seperti gambar tampilan berikut ini.
Dialog ini dapat diakses pada submenuInterface Setup… pada menu Setup. Tipe interface yang digunakan adalah SI Prog API. Selanjutnya silakan dipilih port serial yang digunakan. Pada komputer saya, saya menggunakan COM1. Anda dapat mengeksekusi tombol Probe untuk melakukan pengujian.
Jika semuanya lancar Anda dapat langsung menggunakannya untuk membaca dan menulis program dari dan ke dalam mikrokontroler AVR.
Untuk pengujian, saya menggunakan AVRATtiny2313 dan ATmega8L. Hasilnya sangat memuaskan. Berikut adalah cuplikan tampilan program PonyProg untuk pembacaan memori ATtiny2313.
Proses pembacaannya pun cukup cepat. Memang tak secepat AVRDUDE, akan tetapi tidak masalah, yang penting prosesnya benar. :D
PonyProg mendukung banyak tipe mikrokontroler AVR. Meskipun tidak semuanya, tapi PonyProg dapat digunakan sebagai tool pemrograman baik untuk pemula maupun profesional. Dan jika Anda pengguna ATtiny2313 dan ATmega8 seperti saya, maka PonyProg sangatlah cocok bagi Anda.
Nah, bagi Anda pemula yang ingin bereksperimen dengan mikrokontroler Atmel AVR, maka paduanPonyser dan PonyProg sangatlah cocok bagi Anda. Selain murah, programmer ini terbukti handal dantelah banyak digunakan oleh orang-orang diseluruh dunia.
Pengen bukti?
Bukti nyata adalah, Ponyser masuk ke dalam daftar rangkaian-rangkaian programmer AVR yang didukung oleh AVRDUDE. Dan berikut adalah pengujian Ponyser menggunakan AVRDUDE dengan mikrokontroler ATtiny2313.
-pt2313 adalah parameter tipe mikrokontroler AVR yang digunakan, yakni ATtiny2313.
-cponyser adalah parameter tipe programmer yang digunakan, yakni ponyser.
-Pcom1 adalah parameter port komunikasi serial RS232 yang digunakan, yakni COM1.
AVRDUDE dapat Anda download dari situsnya di sini, atau dapat juga Anda dapatkan dalam paket WinAVR yang dapat Anda download di sini.
Jadi tunggu apa lagi, segera bikin programmernya dan mulai bereksperimen dengan AVR!
Anda dapat memperoleh AVR ISP Ponyser ini dengan menghubungi saya melalui SMS ke08383 4849 975 atau melalui email ke telinks@telkom.net.
Selamat belajar dan Selamat Berkarya!

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Design Blog, Make Online Money, Edited By Super Berita