Arsip untuk ‘Macam macam Bid’ah’ Kategori


Ahlul Bidah itu tidak bersandar kepada Al Quran dan As Sunnah serta Atsar Salafus Shalih

Posted by Admin pada 18/03/2010
Penulis : Syaikh Abu Ibrahim Muhammad bin Mani
Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah rahimahullah menyatakan :
Ahlul Bid’ah itu tidak bersandar kepada Al Kitab (Al Qur’an) dan As Sunnah serta Atsar Salafus Shalih dari kalangan Shahabat maupun Tabi’in. Mereka hanya berpedoman dengan logika dan kaidah bahasa. Dan kamu akan temukan mereka itu tidak mau berpedoman dengan kitab-kitab tafsir yang ma’tsur (bersambung riwayat dan penukilannya). Mereka hanya berpegang dengan kitab-kitab adab (sastra dan tata bahasa) serta kitab-kitab ilmu kalam (filsafat dan logika).Kemudian dari sinilah mereka membawakan pendapat dan pemikiran mereka yang sesat.” (Al Fatawa 7/119) Baca entri selengkapnya »

Sunnahnya Berdo’a Sendiri-sendiri Setelah Sholat Berjama’ah

Posted by Admin pada 16/11/2009
Penulis: Asy-Syaikh Shalih bin Fauzan Al Fauzan
Tanya: Saya menyaksikan sebagian orang-orang yang shalat berjamaah seusai mereka shalat, mereka berdoa dengan bersama-sama, setiap kali mereka selesai shalat, apa hal ini dibolehkan? Berilah kami fatwa semoga Anda mendapat balasan di sisi-Nya. Baca entri selengkapnya »

Batas Akhir Makan Sahur, Adakah Imsak?

Posted by Admin pada 26/08/2009
1. Awal Mula Disyari’atkannya Makan Sahur
Al-Imam Al-Bukhari memberikan bab tersendiri dalam kitab Shahihnya :
“Bab Firman Allah ta’ala : Baca entri selengkapnya »

Berpikirlah Tentang Ciptaan Allah dan Janganlah Berpikir Tentang Allah

Posted by Admin pada 07/08/2009
Berpikirlah Tentang Ciptaan Allah Dan Janganlah Berpikir Tentang Allah
Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam Bersabda”
Berpikirlah kalian tentang ciptaan Allah dan jangan sekali-kali berpikir tentang Allah, sebab memikirkan tentang Ar Rabb (Allah) akan menggoreskan keraguan dalam hati“. Baca entri selengkapnya »

Rasulullah Berdzikir dengan Jari Kanannya, Tanpa Alat Tasbih

Posted by Admin pada 22/07/2009
Banyak sebagian orang setelah sholat fardhu mereka berdzikir dengan kedua tangannya (tangan kanan dan tangan kiri) atau berdzikir dengan menggunakan tasbih (bijian) yang merupakan suatu perkara baru dalam agama, dari hadits dibawah ini rasulullah bertasbih dengan jari kanannya. Simak Hadits shohih yang sama berikut ini. Baca entri selengkapnya »

Titik Akhir Ahlul Hawa Ahli Bid’ah

Posted by Admin pada 14/07/2009
Dari Abu Qilabah Rahimahullah, beliau berkata:
Tidak ada seorang yang mengadakan kebid’ahan melainkan suatu saat dia akan menganggap halal menghunus pedang (menumpahkan darah kaum muslimin, atau memberontak pada pemerintah)” Baca entri selengkapnya »

Mengenal Kelompok Pertama yang Menyimpang Dalam Islam

Posted by Admin pada 07/07/2009
Laa hukma illa lillah (tiada hukum kecuali untuk Allah Subhanahu Wata’ala). Kata-kata ini haq adanya, karena merupakan kandungan ayat yang mulia. Namun jika kemudian ditafsirkan menyimpang dari pemahaman salafush shalih, kebatilanlah yang kemudian muncul. Bertamengkan kata-kata inilah, Khawarij, kelompok sempalan pertama dalam Islam, dengan mudahnya mengkafirkan bahkan menumpahkan darah kaum muslimin.. Baca entri selengkapnya »

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Design Blog, Make Online Money, Edited By Super Berita