10 FILM INDONESIA TERBAIK

Akhirnya gue posting lagi, berarti ini adalah posting ke dua gue, setelah ganti domain. Huiff. Kali ini gue mau bahas tentang “film indonesia” tepatnya 10 film indonesia versi gue, yah sekali lagi gue katakan ini murni dari pendapat subjektif gue sendiri. Posting bertujuan sebagai pengingat bahwa film indonesia masih ada yang layak tonton. Mengapa gue berkata seperti itu ??? yah.. setiap gue tanya ma temen-temen fb dan di forum, ketika gue tanya 10 film indonesia favorite, paling-paling dijawab Cuma 4 film atau 3 film. Tapi kalo gue tanya film indonesia paling hanchur ma mereka ??? pasti menjawab “90% film indonesia hancur semua deh, kemaren filmnya komedi tak jelas, kemarennya lagi horror tak jelas, dan kemarennya lagi horor komedi esek-esek tak jelas” Yah, sepenuhnya benar,,, dan gue yakin banyak orang indonesia tidak suka nonton film begituan termasuk gue, rasanya rugi ngeluarin 20ribu rupiah ke bioskop untuk nonton film yang tak jelas.

Ya udah tanpa ba bi bu, gue berikan 10 film indonesia terbaik versi Isdarmady dot com, ... 10 film ini bukan urutan yah... inget yah temen2 :

Janji Joni

Cuap-cuap gue :
Filmnya ringan dan enak banget ditonton, ampe sekarang di indonesia belum ada yang niru-niru buat tema tentang pengatar roll film. Di film ini kita bisa melihat nicholas saputra yang biasanya diam jadi manusia yang bacrit (banyak cerita)... filmnya juga dipenuhi adegan panas (yaitu penuh adengan lari, yang membuat panas pemain dan berkeringat.. hahaha). Ada 1 yang paling gue inget dari film ini si “joni” membuat 10 tipe penonton bioskop... hahahaha. catatan sendiri bagi gue, tiap nonton di bioskop dan tiba-tiba ada gangguan (baik roll ataupun yang lain) gue langsung teringat terus ma film janji joni ini... hehehe


Laskar Pelangi

cuap-cuap gue :
Isu-isunya neh film telah menelurkan 4,6 juta penonton. Dan film ini juga yang buat gue rela balik dari padang menuju medan hanya untuk menonton priemrenya... dan usaha gue terbayar lunas dengan sip! Nya film ini... sama ama novelnya meski gue udah tau gmana jalur cerita itu film,, namun ost-laskar pelangi dan keindahan pulau belitong menjadi kredit plus bagi gue sendiri. Cacatan pribadi gue, saat film ini sudah keluar vcdnya.. kami rekan-rekan sewisma memutuskan membelinya.. dan dahsyat neh film diulang 3 kali dihari yang sama ama teman-teman wisma... dahsyat kan ?



Sang Murrabi

cuap-cuap gue :
Sebelumnya gue tidak tau neh film sama sekali, ngak pernah liat trailer ataupun yang laen, tapi tiba2 bang udin menawarkan film ini untuk ditonton. Berhubung banyak yang tidak tau neh film gue kasih sinopsis dari wikipedia dulu :


Sang Murabbi adalah film biografi tahun 2008 yang menceritakan kehidupan Almarhum KH Rahmat Abdullah (1953-2005). Film ini disutradarai oleh Zul Ardhia. Di sepanjang film, banyak dijumpai dokumentasi tentang Rahmat Abdullah, sementara di akhir film, terdapat testimonial dari KH Hilmi Aminuddin (Ketua Majelis Syuro PKS), Tifatul Sembiring (Presiden PKS), dan DR Hidayat Nur Wahid (Ketua MPR RI). Dua lagu soundtrack film ini dibawakan oleh kelompok Nasyid Izzatul Islam, yakni Sang Murobbi dan Doa Robitoh.

Dari sinopsis aja neh, pasti udah pada tau kalo ini filmnya orang pks.. yah benar neh film bercerita tentang alm KH Rahmat Abdullah, salah satu pendiri partai keadilan (ampe namanya jadi partai keadlian sejahtera)... setiap menonton filmnya.. semacam mendapatkan spirit dalam mengarungi jalan dakwah ini. Dan kredit sendiri, gue senang banget mendengar ost-nya,,,, dan sering banget gue nyanyikan saat berjalan menuju kampus..

Sepenggal lirik sang murrabi yang sering gue dendangkan :
Ribuan langkah kau tapaki, Pelosok negri kau sambangi
Tanpa kenal lelah jemu, Sampaikan firman Tuhanmu
Terik matahari, Tak surutkan langkahmu
Deru hujan badai, Tak lunturkan azzammu



Gie


cuap -cuap gue :
Gue udah baca bukunya yang berjudul “catatan harian sang demonstran” (kalo ngak salah) saat masih 1 smp, awal pertemuan dengan buku ini juga tidak disengaja... karena gue liat bukunya unik dan lecek banget.. (seingat gue cetakan tahun 1986), gue baca dan menghayati,, dan saat itu gue malah bingung dikarenakan kapasitas otak, dan konsep bukunya yang 100% mirip diary. Dan ampe akhirnya keluar juga filmnya... saat filmnya keluar, gue bela2in nonton ke bioskop (tanpa ketauan bos) dan seingat gue, tuh masih kelas 2/3 smp dan nonton sendiri... dan pengalaman pertama pulak tuh.. tapi karena kecintaan gue pada perpolitikan,,, gue jabanin deh..
Filmnya mantap dan buat gue mulai ngerti ama bukunya..heheh.. (dan karena gue sedikit senang ampe film yang mirip2 dokumenter dan punya catatan sejarah). 1 catatan gue, kalimat yang gue paling suka “lebih baik diasingkan, daripada hidup dalam kemunafikan”



Ged Married I dan II


Cuap-cuap gue :
Satu-satunya film yang dari awal ampe sekuelnya gue tonton. Ntah mengapa gue senang banget liat duet desta dan ringgo saat bermain film. Terutama ringgo, rasanya terlihat natural dalam perannya. Ok, kembali ke masalah film, bagi gue sendiri film ini amat menghibur,,, satu-satunya film indonesia yang akan membuat tertawa dari awal sampai akhir film tersebut



Jomblo
Cuap-cuap gue :
Mau komentar apa yah ??? secara neh film bagus banget kok!!! sebuah karya dari mas hanung bramantyo.. bercerita tentang kisah 4 pemuda yang berbeda pemahamannya tentang cinta... sangat mengibur dan,,, yah like thislah. Catatang bagi gue sendiri yang gue ingat adalah kutipan kalimat “cinta bisa datang.... bisa juga pergi.. hanya 1 hal yang cinta tidak bisa lakukan yaitu menunggu”.. hm.... bener juga yah ??



Catatan Akhir Sekolah

cuap-cuap gue :
gue baca diberbagai forum yang membahas perfilm-an nasional, banyak yang kurang suka ma neh film. Ngak tau deh alasannya apa, tapi bagi gue sendiri neh adalah salah satu film favorite gue. Sebuah film yang bercerita tentang 3 sekawan dari 1 sma sampai kelas 3 sma, dan berencana membuat sebuah film dokumenter tentang sekolahnya untuk ditayangkan di acara perpisahan sekolah. Catatan sendiri bagi gue, kisah yang ditampilkan di film ini, gue rasa dah mendekati ma kisah zaman sma gue (kalo sma zaman sekarang nga tau deh), dan gue yakin banget saat manusia-manusia yang nonton film ini, pasti jadi terobsesi buat film juga.. hehehe



Denias


Cuap-cuap gue :
“hal yang berbeda, akan selalu menjadi nyawa di dunia ini” ini kutipan dari sebuah tts dirumah, begitu juga dengan dunia perfilman,... munculnya denias sebagai sebuah film pendidikan,,,menampilkan genre baru buat dunia perfilman indonesia. Selain disuguhkan kisah nyata dari film tersebut, kita juga disuguhkan alam papua yang memanjakan mata kita. Di film ini kita juga bisa membuka pandangan kita bahwa pendidikan yang layak masih amat sangat mahal di negeri ini, dan dikriminasi yang tak masuk oleh akal kita. Dan di film ini kita juga mendapatkan humor “khas” film yang berseting pedalaman.



Nagabonar jadi dua

Cuap-cuap gue :
Film ini dproduksi tahu 2007, menurut saya selain laksar pelangi, semua manusia di indonesia sudah menonton film ini. Film yang merupakan kelanjutan dari nagabonar tahun 1987 (sayang gue belum nonton neh film). Ngak ada yang mau gue katakan lagi ma neh film.. semua orang juga pasti sepakat bahwa neh salah satu film terbaik di indonesia.
Catatan gue : Adegan paling heroik menurut gue, ketika si nagabonar (deddy mizwar) ditemanin si amir (diperankan lukman sadri) pengemudi bajaj untuk keliling kota jakarta, ketika itu si nagabonar melihat patung sang jendral soedirman,,, saat itu si nagabonar berteriak agar si patung menurunkan sikap hormatnya,,, karena menurutnya tak ada yang pantas dihormati.. (kira-kira seperitu itulah) hm...



Jagad x code

Cuap-cuap gue :
Bercerita tentang 3 pemuda pengganguran yang tinggal di kampung kali code yogyakarta, mereka masing-masing mempunyai cita-cita, dimulai dari si jagad (diperankan ringgo agusrahman) bercita-cita membelikan mesin cuci buat ibunya, kemudian bayu (Maryo Irewansyah) yang punya cita-cita buat lapak buku dan majalah dan si gareng (Opi Bachtiar) punya cita-cita membuat salon kecil buat adiknya.
Hidup mereka berubah karena pertemuan dengan preman semsar (tio pakusadewo), dan memberi misi mencuri flashdisk… karena kesenjangan tekhnologi, merka pun tak tau apa itu flashdisk..
Filmnya lucu, dan menurut gue humurnya ngak garing. Layak di tonton buat penghibur lara.



Oke sekian posting dari gue, sekali lagi ini Cuma pandangan gue dan paparan disana bukan URUTAN ingat yah!!!dan,,, mungkin banyak film-film Indonesia yang bagi temen sangat layak buat ditontong seperti arisan, cut nyak dhien dll, tapi gue belum nonton, nah yang gue paparkan adalah film-film ini bias aja berubah jika ada film-film baru yang gue tonton… betul tidak ???

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Design Blog, Make Online Money, Edited By Super Berita